Jumat, 22 Januari 2010

7 langkah menuju kaya By Ika nurul syifaa-Majalah Chic


Perjalanan panjang dimulai dari sebuah langkah kecil. Untuk jadi kaya mulailah dengan sejumlah kebiasaan kecil seperti saran dari Dr Lois P. Frankel, PhD penulis buku best seller Nice Girls Don’t Get Rich.

REKENING KHUSUS

Untuk menjadi kaya anda mesti memiliki rekening bank pribadi yang bebas dari pengeluaran-pengeluaran rutin. Setiap kali anda menerima penghasilan atau investasi, sejumlah dana mesti masuk ke dalam rekening ini, jangan hanya menunggu dana sisa baru ingat menabung, tapi cobalah memprioritaskan untuk menabung terlebih dahulu sebelum membiayai pengeluaran lain.

BAYAR TUNAI

Jangan lagi mengandalkan kartu kredit untuk berbelanja karena akan berbeda jika anda melakukan pembayaran secara tunai. Anda akan sadar berapa banyak uang yang anda telah habiskan. Terapi ini akan membuat anda berpikir dua kali sebelum uang meluncur dari tangan anda.

“TIDAK, TERIMA KASIH”

Ada saat tertentu intuisi mengatakan “tidak” tetapi bibir mengatakan “ya”. Jika seseorang membuat anda bersalah karena tidak melakukan sesuai keinginannya, cobalah bertahan, anda bisa menolaknya dengan mengatakan, “tidak, terima kasih” tanpa perlu memberi alasan.

PERLUAS WAWASAN

Salah satu penyebab utama perempuan kurang agresif dalam berinvestasi adalah karena kurang memiliki pengetahuan tentang investasi. Jadi, mulai sekarang belajarlah tentang investasi lain di luar menabung terutama yangmemiliki profit besar seperti saham dan reksadana.

THINK FIRST

Jika berniat membeli sesuatu yang harganya mahal, bagi harga barang tersebut dengan jumlah berapa kali anda berencana akan menggunakannya. Dengan cara ini anda akan bisa memutuskan apakah barang tersebut benar-benar layak menghabiskan gaji anda sebulan.

TETAPKAN BATAS BELANJA

Beri batasan anggaran ketika anda ingin berbelanja, berlibur atau memberikan hadiah kepada seseorang. Cobalah patuhi batasan yang dibuat, jangan sampai berlebih hingga membobol tabungan anda.

BATASAN WAKTU

Jangan boros terhadap waktu. Jika janji anda adalah 30 menit, patuhi waktu tersebut. Dengan mematuhi waktu tersebut saat bertemu klien, relasi atau pasien maka anda dapat bertemu dengan lebih banyak orang dalam sehari sehingga kesempatan untuk memperoleh uang tambahan pun semakin besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar